Bisnis Internasional
Daniel dkk (2004)
mengatakan bisnis internasional adalah bisnis yang dilakukan antara 2 negara
atau lebih. Bisnis tersebut dapat terjadi dalam berbagai bentuk transaksi.
Transaksi dalam bisnis tersebut dapat melibatkan perusahaan, kelompok
perusahaan, dan lembaga pemerintahan. Bisnis tersebut memberikan nilai tambah
yaitu arus keuangan (Hasoloan, 2014). Jadi, bisnis internasional adalah
kegiatan bisnis baik swasta atau pemerintah yang dilakukan oleh 2 negara atau
lebih dan memberikan nilai tambah berupa arus keuangan.
Transaksi bisnis
internasional terbagi menjadi dua, yaitu perdagangan internasional dan
pemasaran internasional. Perdagangan internasional adalah kegiatan transaksi
antar negara yang dilakukan dengan cara ekspor dan impor (Bonne dan Kurtz, 2007).
Kegiatan tersebut sangat penting bagi suatu negara dan bisnis tersebut. Hal itu
dikarenakan membuat ekonomi suatu negara terdorong. Ekonomi dapat terdorong
dengan cara menyediakan pasar bagi produk-produk dan akses ke sumber daya yang
dibutuhkan.
Selain
perdagangan internasional, terdapat juga pemasaran internasional. Pemasaran
internasional adalah kegiatan pemasaran
yang dilakukan antar negara secara langsung. Hal itu bertujuan untuk memasarkan
hasil produksi di negara lain. Pemasaran tersebut tidak dikenakan biaya bea.
Hal itu terjadi karena tidak ada transaksi ekspor impor.
Daftar pustaka
Daniel, dkk. 2004. International Business: Enviroments and Operations. Upper saddle
River, N. J: Prentice Hall.
Hasoloan Jimmy. 2014. Ekonomi Moneter. Yogyakarta: Deepublish.
Hasoloan Jimmy. 2014. Ekonomi Moneter. Yogyakarta: Deepublish.
Bonne L. E., Kurtz D. L. 2007. Pengantar Bisnis Kontemporer 1. Ed 11.
Jakarta: Salemba empat.
0 komentar:
Posting Komentar