Jumat, 28 April 2017

Globalisasi dan Mata Uang Internasional

Teori Perdagangan Internasional di Era Globalisasi
Di era globalisasi ini teori perdagangan internasional masih dibutuhkan. Teori itu masih dibutuhkan karena di era globalisasi ini terjadi perdagangan secara bebas tanpa ada batas teoritis atau batas negara. Sehingga, negara dituntun untuk dapat berinovasi dan berkompetisi agar tidak terpuruk. Namun, apabila negara tidak dapat bersaing dan tidak mempunyai inovasi maka negara itu akan semakin terpuruk. Jika di bandingkan antara negara maju dan negara berkembang  teori ini lebih memberi keuntungan terhadap negara maju dibandingkan negara berkembang.  Hal ini dikarenakan harga suatu barang di negara satu dengan negara lainnya berbeda.

Alasan Mata Uang Dollar US Menjadi Standar Mata Uang Internasional
Hal ini dapat dijelaskan dengan melihat sejarah pada perang dunia ke 2. Pada akhir perang ini negara-negara Eropa mengalami kekalahan dan keruntuhan ekonomi. Keruntuhan itu hingga membuat negara-negara Eropa tidak dapat membangun kembali negaranya. Amerika Serikat yang tidak mengalami jatuh miskin memberikan pnjaman kepada negara-negara Eropa. Hal ini membuat negara-negara tersebut menjadi bergantung pada Amerika. Pijaman yang diberikan oleh Amerika berupa mata uang dollar dengan syarat negara-negara itu mau memberikan emasnya kepada Amerika. Seiring berjalannya waktu Amerika terlalu banyak mencetak dollar melebihi cadangan emas sehingga dollar sekarang telepas dari jaminan apapun. Dollar Amerika semakin hari semakin neningkat dan semakin kuat. Hal ini dapat menjadi alesan dollar Amerika menjadi mata uang internasional karena untuk menjadi mata uang iternasional dibutuhkan pemilik yang kuat.

Euro Menggantikan Dollar Amerika
            Sebenarnya, bisa saja Euro menggantikan dollar Amerika menjadi mata uang dunia jika dilihat dari segi ekonomi. Ini dikarenakan euro mempunyai nilai tukar yang kuat sehingga mendorong para investor untuk berinvestasi. Namun selain dari segi ekonomi untuk menjadi mata uang internasional mempertimbangkan faktor politik dimana menjadi kekuatan dan legalitas dalam hubungan ekonomi politik. Dengan demikian, untuk menjadikan mata uang internasional dibutuhkan negara dengan keadaan ekonomi maupun politik yang stabil.

Dapatkan Rupiah Menggantikan Dollar
            Sama halnya dengan Euro, Rupiah dapat juga menggantikan Dollar Amerika namun harus membutuhkan waktu yang lama. Dengan keadaan Indonesia yang sekarang terasa sulit untuk menjadikan Rupiah menjadi mata uang internasional. Namun tidak menutup kemungkinan juga bahwa suatu saat nanti Rupiah dapat menjadi mata uang internasional dengan membenahi perekonomian dan politik agar tetap stabil dan dapat membuat percaya negara-negara lain untuk memakai rupiah dalam devisa atau nilai tukar.

Daftar Pustaka


0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

GUNADARMA

Popular Posts